HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN PERILAKU IBU DALAM MENDIDIK ANAK MENGGOSOK GIGI


ABSTRAK: Masalah kesehatan gigi dan mulut anak di Indonesia masih sangat rendah, sebanyak 89% anak di bawah usia 12 tahun menderita masalah kesehatan gigi dan mulut. Pengenalan dan perawatan kesehatan gigi pada anak sejak dini merupakan upaya meningkatkan status kesehatan gigi dan mulut. Pengetahuan orang tua sangat penting dalam mendasari terbentuknya perilaku yang mendukung atau tidak mendukung kebersihan gigi dan mulut.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu tentang menggosok gigi dengan perilaku ibu dalam mendidik anak menggosok gigi.
Metode penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan cross sectional. Analisis data yang digunakan analisis Spearman rank. Instrumen dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner yang diberikan orang tua/wali siswa TK Pamekar Budi sebanyak 56 orang.
Hasil penelitian didapatakn bahwa bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang menggosok gigi dengan perilaku ibu dalam menggosok gigi di TK Pamekar Budi kulonprogo813
Kesimpulan: terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang menggosok gigi dengan perilaku ibu dalam menggosok gigi di TK Pamekar Budi.
Kata Kunci: Tingkat pengetahuan, perilaku, ibu
Penulis: Patria Asda, Nunik Hujani Rahayu
Kode Jurnal: jpkesmasdd170166

Artikel Terkait :