Hubungan Personal Hygiene Pemberian Susu Formula Dengan Kejadian Diare Pada Bayi di Kelurahan Dannuang Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba Tahun 2016


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara personal hygiene pemberian susu formula dengan kejadian diare pada bayi 0-6 bulan di Kelurahan Dannuang Kec. Ujung Loe Kab. Bulukumba Tahun 2016.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah observasional dengan menggunakan metode survei dan wawancara dengan pendekatan cross sectional study.
Dari hasil penelitian yang dilakukan Di Kelurahan Dannuang Kec. Ujung Loe Kab. Bulukumba Tahun 2016, tidak ada hubungan antara kebiasaan mencuci tangan sebelum mengencerkan susu formula dengan kejadian diare pada bayi 0-6 Bulan dimana nilai  p =.0.228, Ada hubungan antara membersihkan botol susu formula dengan kejadian diare pada bayi 0-6 Bulan dimana nilai  p =.0.002, ada hubungan antara Penyimpanan botol susu formula dengan kejadian diare pada bayi 0-6 Bulan diperoleh nilai  p =.0.000, ada hubungan antara cara mengencerkan susu formula dengan kejadian diare pada bayi 0-6 Bulan diperoleh nilai  p =.0.000 .
Kata Kunci: Personal  Hygiene, susu formula, diare, bayi
Penulis: Syamsul Alam, Sukfitrianti Syahrir
Kode Jurnal: jpkesmasdd170361

Artikel Terkait :