Hubungan Pajanan Pestisida dengan Gangguan Keseimbangan Tubuh Petani Hortikultura di Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang


Abstract: Upaya untuk meningkatkan produksi pertanian agar tanaman tidak rusak oleh hama dan penyakit petani menggunakan pestisida dengan harapan mampu meningkatkan hasil pertanian dan serta dapat membuat biaya pengelolaan pertanian menjadi lebih efisien dan ekonomis. Pestisida dapat bersifat akut, kronis maupun sistemik, yang dapat menyerang sistem syaraf ,salah satunya gangguan keseimbangan,hati atau liver,dan keseimbangan hormonal dengan cara mempengaruhi kerja enzim. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan pajanan  pestisida dengan gangguan keseimbangan tubuh pada petani hortikultura di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.
Metode, penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain Cross Sectional. Populasi penelitan adalah petani yang termasuk dalam kelompok tani desa Sumberejo. Sampel adalah petani desa Sumberejo yang memenuhi kriteria sebanyak 70 responden. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, pemeriksaan kolinesterase dalam darah menggunakan Spectrophotometer, dan gangguan keseimbangan tubuh dengan menggunakan romberg test.
Hasil, Sebanyak 14,3 % petani dari hasil pemeriksaan kadar kolinesterase pada petani desa Sumberejo di Kecamatan Ngablak mengalami keracunan pestisida dan 34,3% petani dari hasil pemeriksaan romberg test mengalami gangguan keseimbangan, dari hasil uji chi square menunjukkan ada hubungan antara masa kerja  nilai (p = 0,036),lama kerja per hari (p = 0,015), penggunaan alat pelindung diri (p = 0,035 dan kadar kolinesterase (p = 0,000 dengan gangguan keseimbangan dan tidak ada hubungan antara frekuensi, jumlah, jenis, dosis, cara penyemprotan, dan pengelolaan pestisida dengan gangguan keseimbangan tubuh
Kesimpulan, faktor risiko masa kerja petani, lama kerja per hari,cara penyemprotan, penggunaan alat pelindung diri mempengaruhi adanya kadar kolinesterase dalam darah yang dapat menyebabkan gangguan keseimbangan tubuh.
Keywords: Pajanan pestisida; Gangguan keseimbangan
Penulis: Kholilah Samosir, Onny Setiani, Nurjazuli
Kode Jurnal: jpkesmasdd170467

Artikel Terkait :