HUBUNGAN DISCHARGE PLANNING DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN PASCA STROKE DI POLI NEUROLOGI RSAM BUKITTINGGI TAHUN 2016


ABSTRAK: Stroke merupakan penyakit terbanyak ketiga setelah penyakit jantung dan kanker, serta merupakan penyakit penyebab kecacatan tertinggi di dunia. Stroke penyebab kematian nomor 4 setelah penderita usia lanjut, diabetes melitus dan jantung, di RSAM Bukittinggi pada pasien pasca stroke ditemukan keluhan aktivitas pasien yang terbatas, cemas, mudah tersinggung, dan cepat lelah. Penelitian ini bertujuan untuk melihathubungan discharge planning dengan kualitas hidup pasien pasca stroke di Poli Neurologi RSAM Bukittinggi tahun 2016.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study.Populasi dalam penelitian ini seluruh pasien stroke diPoli Neurologi RSAM Bukittingi. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling, jumlah sampel sebanyak 50 orang. Instrumen yang digunakan kuesioner discharge planning dan kuesioner kualitas hidup.
Hasil penelitian menunjukkan 31 responden dari 50 responden yang memiliki discharge planning yangbaik. Discharge planning baik dengan kualitas hidup yang sangat baik lebih banyak yaitu 21 (67,7%), discharge planning baik dengan kualitas hidup baik yaitu 9 (29%), discharge planningbaik dengan kualitas hidup sedang yaitu 1 (3,2%) sedangkan discharge planning kurang baik sebanyak 19 responen. discharge planning kurang baik dengan kualitas hidup sangat baik yaitu 18 (94,7%), discharge planning kurang baik dengan kualitas hidup baik 0 (0%), discharge planning kurang baik dengan kualitas hidup sedang 1(5,3%). Hasil analisis diperoleh pvalue = 0,034< (α=0,05).
Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu ada hubungan antara discharge planning dengan kualitas hidup pasien pasca stroke di poli Neurologi RSAM Bukittinggi tahun 2016, selanjutnya diharapkan kepada pasien pasca stroke untuk meningkatkan kesehatan diri dengan cara menjalankan pola hidup yang sehat agar terciptanya kualitas hidup yang baik.
Kata Kunci: Discharge Planning, Kualitas Hidup
Penulis: Betty
Kode Jurnal: jpkebidanandd170322

Artikel Terkait :