HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI AKADEMI KEBIDANAN KARTIKA MITRA HUSADA


ABSTRAK: Penyelenggaraan pendidikan kebidanan adalah institusi pendidikan tinggi baik pemerintah maupun swasta sesuai dengan kaidah-kaidah yang tercantum pada sistempendidikan nasional. Lulusan pendidikan bidan sebelum tahun 2000 dan Diploma IIIkebidanan di Institusi pelayanan maupun praktik perorangan. Kemampuan akademikbidan dilihat dari prestasi belajar yang didapatkan oleh mahasiswa tersebut selama mengikuti pendidikan di Diploma III kebidanan (PP IBI, 2009).
Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan non random sampling yaitu totalsampling. Besar sampel adalah 126 responden yang telah memenuhi kriteria yang telahditentukan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, timbangan injak, danmicrotoise. Uji analisis menggunakan uji uji chi square dengan menggunakan programSPSS versi 19.0 for windows.
Dari penelitian diperoleh hasil bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara minat dengan prestasi belajar mahasiswa dengan nilai p value 0,233 > α (0.05), dan tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar mahasiswi dengan OR 0,620 yang artinya baik motivasi berpeluang 0,620 kali atau 1 kali mempunyai prestasi belajar >3,50.
Jadi, minat dan motivasi mahasiswi tidak mempengaruhi hasil prestasi belajar mahasiswi Akademi Kebidanan Kartika Mitra Husada
Kata kunci: Minat, Motivasi, dan Prestasi Belajar
Penulis: Zulvi Wiyanti, SSiT., M.Kes, Nanik Apriani
Kode Jurnal: jpkebidanandd160265

Artikel Terkait :