ASUHAN KEBIDANAN PADA NY. S KEHAMILAN TRIMESTER II DENGAN HIPERTENSI GESTASIONAL


Abstrak: Kehamilan adalah masa dimulai dari hasil konsepsi sampai lahirnya janin dengan lama kehamilan 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir. Hipertensi pada kehamilan adalah hipertensi yang timbul sebelum usia kehamilan 20 minggu tanpa disertai proteinuria. Hipertensi merupakan komplikasi yang disebabkan oleh kondisi lingkungan seperti faktor keturunan, emosi dan pola hidup yang tidak seimbang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran nyata tentang teori dan praktik lapangan dalam mengembangkan pola pikir dalam melaksanakan asuhan kebidanan dengan menggunakan manajemen kebidanan.
Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan penelitian ini adalah deskriptif yaitu metode yang dilakukan dengan tujuan memberi gambaran tentang suatu keadaan secara obyektif dengan menggunakan studi kasus yaitu perbandingan antara teori dan kasus nyata.
Berdasarkan data yang di peroleh dari Dinas Kesehatan Jawa Timur bulan Januari – Juni Tahun 2015 di dapatkan ibu hamil dengan hipertensi 11.056 orang, data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan sebanyak 143 orang. Data yang diperoleh dari register kunjungan pemeriksaan Antenatal Care (ANC) di Puskesmas Sukodadi bulan Januari – Juli Tahun 2015 terdapat 389 orang ibu hamil, di dapatkan 6 orang (1,5%) dengan hipertensi. di BPS Luluk Pusparini, AMd. Keb, didapatkan 2 orang (7,7%) dengan kehamilan hipertensi.
Berdasarkan dari hasil pengkajian maka dapat ditegakkan diagnosa yaitu Asuhan Kebidanan pada Ny. S Trimester II dengan hipertensi gestasional. Dan dari hasil penelitian ini tidak terdapat kesenjangan antara tinjauan teori dan tinjauan kasus.
Diharapkan bagi petugas kesehatan hendaknya dapat mengenali tanda dan gejala hipertensi sehingga dapat melakukan penatalaksanaan dengan baik dan sesuai standart kompetensi.
Keywords: Kehamilan, Trimester II, Hipertensi
Penulis: Eka Sarofah Ningsih
Kode Jurnal: jpkebidanandd160266

Artikel Terkait :