FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU HIGIENE PERORANGAN PADA PEKERJA PENGEPUL SAMPAH DI WILAYAH KOTA YOGYAKARTA


ABSTRAK: Meningkatnya jumlah penduduk akan menyebabkan meningkatnya jumlah sampah yang dihasilkan. Pengelolaan sampah erat kaitannya dengan pengepul sampah. Sehingga perlu diperhatikan higiene perorangan para pekerja pengepul sampah. Higiene perorangan adalah perawatan diri yang bersifat pribadi dan ditentukan oleh berbagai faktor, termasuk nilai-nilai danpraktik individual. Faktor yang mempengaruhi personal hygine salah satunya adalah pengetahuan,karena pengetahuan yang baik dapat meningkatkan kesehatan. Pengetahuan berhubungan denganpendidikan dan sikap serta dapat dipengaruhi oleh jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhub ung an d engan perilaku higiene perorangan pada pekerjapengepul sampah di Wilayah Kota Yogyakarta.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil dan analisis dapat disimpulkan bahwa penelitian ini, ada hubungan antara variabel tingkat pengetahuan dan sikap dengan perilaku higiene perorangan dan tidak ada hubungan antara variabel jenis kelamin dan tingkat pendidikan dengan perilaku higiene perorangan.
Kata kunci: sikap, tingkat pendidikan, jenis kelamin, tingkat pengetahuan, higiene perorangan
Penulis: Wahyu Purwaningsih, Surahma Asti Mulasari
Kode Jurnal: jpkesmasdd180043

Artikel Terkait :