EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN FARMASI DITINJAU DARI PERSEPSI PENGGUNA DI RUMAH SAKIT IMMANUEL BANDUNG


ABSTRAK: Sistem teknologi dan informasi dapat membantu suatu organisasi untuk dapat melaksanakan berbagai aktivitas dengan lebih akurat, berkualitas, dan tepat waktu, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas, dan daya saing organisasi. Keberhasilan dalam menerapkan sistem informasi dapat diketahui dengan melakukan evaluasi terhadap sistem informasi yang telah diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan sistem informasi yang telah diterapkan di rumah sakit Immanuel Bandung, menggunakan model kesuksesan system informasi yang dikembangkan oleh DeLone dan McLean.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan cross sectional. Data diperoleh dari kuesioner kepada karyawan dan in depth interview kepada Direktur RS Immanuel Bandung, Kepala Instalasi Farmasi dan Kepala Divisi SIM. Variabel penelitian yang diteliti adalah kepuasan pengguna terhadap ketelitian, keterkaitan, kelengkapan, ketepatan waktu, auditabilitas, dan kehandalan sistem informasi manajemen farmasi di RS Immanuel Bandung. Data yang telah terkumpul dari hasilkuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kepuasan pengguna Sistem Informasi Manajemen di Rumah Sakit Immanuel Bandungtermasuk dalam kategori sedang. Rata-rata kepuasan pengguna berkisar antara 2,50 sampai 3,33 dari skala 5. Tingkat kepuasan pengguna terhadap Sistem Informasi Manajemen paling tinggi adalah pada aspek ketepatan waktu (timeliness), berikutnya secara berturut-turut adalah auditabilitas (auditability), ketelitian (accuracy) dan kelengkapan (completeness). Aspek keterkaitan (relevance) dan keandalan (reliability) mempunyai kepuasan yang paling rendah.
Kata Kunci: evaluasi, sistem informasi manajemen farmasi, persepsi pengguna
Penulis: Randy Tampa’i, Satibi, Gunawan Pamudji
Kode Jurnal: jpfarmasidd120368

Artikel Terkait :