EVALUASI KESESUAIAN ANTARA PERENCANAAN DAN REALISASI PENERIMAAN OBAT DI PUSKESMAS RAWAT INAP SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2008-2010


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah melihat gambaran dan melakukan evaluasi terhadap aspek perencanan, permintaan dan penerimaan obat serta melihat kesesuaian antara perencanaan dan realisasi penerimaan obat di puskesmas rawat inap Kabupaten Sleman pada 2008-2010.
Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pengumpulan data dilakukan secara retrospektif dan concurrent. Subjek penelitian adalah puskemas di Kabupaten Sleman yang memenuhi kriteria inklusi. Data primer didapat melalui wawancara dan data sekunder berupa dokumen yang berhubungan dengan proses perencanaan, permintaan, dan penerimaan obat. Analisis data secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk tekstual. Data kuantitatif direkapitulasi dan dihitung nilai masing-masing indikatornya berdasarkan Depkes RI (2006) dari tahun ke tahun dan dibandingkan dengan kepustakaan yang ada.
Berdasarkan perhitungan indikator pengelolaan obat, tidak ada satu pun indikator diseluruh puskesmas penelitian dengan ketepatan perencanaan 100%; banyak ditemukan ketidaksesuaian antara perencanaan dengan realisasi penerimaan obat setiap bulannya; nilai rerata tingkat ketersediaan obat puskesmas penelitian berada pada kategori aman (12-18 bulan); persentase rerata kesesuaian dengan DOEN paling tinggi untuk seluruh puskesmas penelitian pada tahun 2009 (90,7%); persentase rerata kesesuaian ketersediaan obat dengan pola penyakit yang paling mendekati nilai ideal untuk seluruh puskesmas penelitian pada tahun 2009 (106,5%); dan masih banyak ditemukan obat rusak/kadaluarsa pada puskesmas penelitian dengan total kerugian akibat obat rusak/kadaluarsa pada tiga puskesmas penelitian sebesar Rp 39.086.514,6.
Kata kunci: Perencanaan obat, ketersediaan obat, puskesmas, Sleman
Penulis: Arinda Silvania, Lukman Hakim, Satibi
Kode Jurnal: jpfarmasidd120354

Artikel Terkait :