EFEKTIFITAS PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KELUARGA SEBELUM DAN SESUDAH DILAKUKAN METODE DEMONSTRASI TENTANG PERAWATAN METODE KANGURU (PMK) DI RUANG PERINATOLOGI RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2015


Abstrak: Persentase berat badan lahir rendah dibeberapa provinsi di Indonesia masih tinggi yaitu sebesar 11,1%. Gangguan yang seringkali terjadi adalah bayi mengalami hipotermi. Salah satu cara yang efektif untuk mencegah dengan melakukan Perawatan Metode Kanguru (PMK), namun pengetahuan dan keterampilan keluarga masih kurang sehingga keluarga merasa takut dan kurang mampu untuk merawat bayi BBLR. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahui perbedaan pengetahuan dan keterampilan keluarga sebelum dan sesudah dilakukan metode demonstrasi tentang Perawatan Metode Kanguru (PMK) di Ruang Perinatologi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2015.
Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh ibu dengan bayi BBLR di Ruang Perinatologi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung pada bulan September - November sejumlah 30 orang (total populasi). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan uji T-Dependen.
Hasil penelitian menunjukkan rerata pengetahuan tentang PMK sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan dengan menggunakan metode demontrasi serta keterampilan tentang PMK sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan dengan menggunakan metode demontrasi adalah 62,17 dan 72,5 serta 62,00 dan 71,33. Ada perbedaan pengetahuan dan keterampilan keluarga sebelum dan sesudah dilakukan metode demonstrasi tentang Perawatan Metode Kanguru (PMK) di Ruang Perinatologi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2015, pada pengetahuan dengan peningkatan mean 10,33 (p value 0,000) dan pada keterampilan dengan peningkatan mean 9,33 (p value 0,000). Saran pada petugas kesehatan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga tentang Perawatan Metode Kanguru (PMK) melalui penyuluhan kesehatan dengan menggunakan metode demonstrasi saat memberikan edukasi pada pasien dengan anak BBLR.
Kata Kunci: Penyuluhan, Demontrasi, Metode Kanguru
Penulis: Rilyani
Kode Jurnal: jpkebidanandd170453

Artikel Terkait :