ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN ATAS KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL


ABSTRAK: Persaingan jasa layanan kesehatan yang senantiasa mengharuskan pihak manajemen penyedia jasa layanan kesehatan untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanannya. Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) Yakkum Emanuel yang merupakan salah salah satu unit penunjang medik dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien. Hasil rekapitulasi kotak keluhan pasien pada bulan Februari 2011 di IFRS Yakkum Emanuel memperlihatkan 50% pasien (10 orang pasien) mengeluhkan waktu tunggu obat masih lama, 30% pasien (6 orang pasien) mengeluhkan udara yang sangat panas di ruang tunggu, dan 20% pasien (4 orang pasien) mengeluhkan karyawan IFRS Yakkum Emanuel tidak dapat memberi kepastian kapan pelayanan obat akan diberikan kepada pasien. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien atas kualitas pelayanan IFRS Yakkum Emanuel.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah pasien rawat jalan menggunakan jasa layanan IFRS Yakkum Emanuel dan memenuhi kriteria inklusi. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 480 pasien dengan metode pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner mengenai kualitas layanan yang diadaptasi dari model SERVQUAL (mengacu pada dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) dan dilakukan pemetaan dimensi kualitas layanan dalam diagram kartesius.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat gap bernilai negatif antara harapan dan persepsi pasien dengan urutan gap terbesar yaitu dimensi assurance yang diikuti dimensi responsiveness, reliability, empathy, dan tangibles. Secara umum, pasien merasa tidak puas dengan kinerja pihak manajemen IFRS Yakkum Emanuel Purwareja-Klampok. Berdasarkan pemetaan diagram kartesius, pihak manajemen IFRS Yakkum Emanuel perlu lebih memperhatikan pada dimensi assurance dan responsiveness.
Kata kunci: Kualitas layanan, kepuasan, SERVQUAL
Penulis: Widdy Kurniawan Santoso, Marchaban, Riswaka Sudjaswadi
Kode Jurnal: jpfarmasidd120365

Artikel Terkait :