ANALISIS SWOT DALAM PERUMUSAN STRATEGI PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT X SAMARINDA


ABSTRAK: Peningkatan intensitas persaingan menuntut Instalasi Farmasi Rumah Sakit (IFRS) X Samarinda untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pasien serta berusaha memenuhi apa yang diharapkan pasien. Agar mampu merumuskan strategi dalam menghadapi persaingan, IFRS perlu mengidentifkasi lingkungan internal dan eksternalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan IFRS X Samarinda dan merumuskan strategi peningkatan kepuasan pasien rawat jalan IFRS X Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif. Data yang digunakan adalah data kuantitatif (kuisioner tingkat kepuasan pasien rawat jalan, skala kepuasan kerja serta semangat kerja karyawan) dan data kualitatif (hasil wawancara dengan Kepala IFRS, direktur RS, dokter, pemasok, dan karyawan IFRS). Analisis dilakukan menggunakan metode servqual dan analisis SWOT berdasarkan lingkungan internal dan eksternal IFRS.
Analisis kepuasan pasien rawat jalan IFRS X Samarinda memberikan gap negatif pada kelima dimensi pelayanan. Gap negatif menunjukkan kepuasan pasien belum tercapai. Nilai gap pada dimensi pelayanan tertinggi hingga terendah berturut-turut tangibles (-0,29), responsiveness (-0,22), reliability (-0,13), assurance (-0,11), empathy (-0,08). Hasil analisis SWOT berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal IFRS X Samarinda menunjukkan bahwa IFRS memiliki peluang yang besar namun juga menghadapi kelemahan. Analisis dengan matriks SWOT diperoleh beberapa alternatif strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan pasien rawat jalan IFRS X Samarinda antara lain pengembangan sarana dan prasarana, penetapan batasan dispensing time, pemberian informasi dan konseling obat, serta upaya peningkatan ketersediaan obat.
Kata kunci: IFRS X Samarinda, kepuasan pasien, analisis SWOT, perumusan strategi
Penulis: Nurias Difa’ul Husna, Lukman Hakim, Susi Ari Kristina
Kode Jurnal: jpfarmasidd110251

Artikel Terkait :