ANALISIS KINERJA PT. ARJUNA YOGA SAKTI BERDASARKAN METODE BALANCED SCORECARD


ABSTRAK: Balanced Scorecard (BSC) merupakan suatu kerangka kerja yang komprehensif dan koheren yang menerjemahkan visi dan misi perusahaan ke dalam seperangkat ukuran kinerja yang terpadu. PT. Arjuna Yoga Sakti merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi sediaan farmasi berupa kosmetika dari bahan-bahan herbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifkasi kinerja PT. Arjuna Yoga Sakti dengan melakukan analisis BSC ditinjau dari perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berdasarkan tingkat eksplanasi terhadap data kuantitatif dankualitatifnya. Dilakukan penelitian terhadap sepuluh indikator yang mewakili keempat perspektif BSC yang menjadi variabel dari penelitian. Delapan indikator diteliti melalui wawancara mendalam dengan stakeholder dalam hal ini owner perusahaan. Dua indikator lainnya yaitu kepuasan pelanggan dan kepuasan kerja karyawan, diteliti menggunakan kuesioner dengan subyek penelitian 100 pelanggan yang metode pengambilan sampelnya adalah purposive sampling, serta seluruh karyawan perusahaan (sampling jenuh). Sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas kuesioner menggunakan analisis item dan Alpha Cronbach dengan software SPSS for Windows versi 12.
Hasil pengukuran kinerja PT. Arjuna Yoga Sakti berdasarkan BSC cukup baik. Produktivitas tiap karyawan per bulan yang cukup tinggi (8,84 juta/bulan) dan kepuasan kerja karyawan yang cukup baik (scoring likert 3,61) mendukung dihasilkannya produk kosmetika yang baik dalam jangka waktu yang tepat untuk dapat memuaskan para pelanggan dengan baik (scoring likert 4,15) sehingga mendorong meningkatnya jumlah pelanggan (pertumbuhan pelanggan 20%). Hal ini memberikan proft yang cukup baik (ROI 36%; ROE 45%; Tingkat Perputaran Harta Total 1,4 kali) bagi perusahaan untuk terus memperbaiki kinerjanya didukung oleh sistem informasi yang memadai.
Kata Kunci: PT. Arjuna Yoga Sakti, kinerja perusahaan, Balanced Scorecard
Penulis: Ni Made Dharma Shantini Suena
Kode Jurnal: jpfarmasidd120345

Artikel Terkait :