ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS DAN PERILAKU WORD OF MOUTH KONSUMEN OBAT HERBAL AN NUUR


ABSTRAK: Meningkatnya minat masyarakat untuk menggunakan herbal menyebabkan meningkatnya jumlah produsen obat herbal sehingga persaingan menjadi semakin tajam. Konsep pemasaran menyatakan bahwa perusahaan harus berupaya memuaskan konsumennyaagar dapat menguntungkan perusahaan. Konsumen yang puas akan loyal kepada produk atau perusahaan, kemudian akan melakukan pembelian ulang pada waktu yang akan datang, dan lebih penting lagi mereka akan melakukan aktivitas word of mouth tentang produk tersebut kepada orang-orang terdekat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, pengaruh kepuasan konsumen terhadap perilaku word of mouth konsumen, dan pengaruh loyalitas konsumen terhadap perilaku word of mouth konsumen, pada konsumen obat herbal An Nuur di Kota Yogyakarta.
Penelitian dilakukan dengan cara survey menggunakan alat ukur berupa kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan desain non probability sampling melalui prosedur purposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan November 2011 sampai bulan Mei 2012, dengan total jumlah sampel sebanyak 65 responden. Kriteria responden yang dipilih adalah pernah menggunakan obat herbal An Nuur minimal 3 kali, membeli obat herbal An Nuur di tempat-tempat penjualan yang berlokasi di kota Yogyakarta, berumur di atas 17 tahun, dan bersedia menjadi responden. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier untuk mengetahui hubungan antar variabel. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kemudahan dalam mengkonsumsi obat herbal An Nuur dipersepsikan paling tinggi oleh konsumen sedangkan kemudahan dalam memperoleh obat herbal An Nuur dipersepsikan paling rendah oleh konsumen. Kepuasan konsumen memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku word of mouth konsumen obat herbal An Nuur di kota Yogyakarta. Loyalitas konsumen memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku word of mouth konsumen obat herbal An Nuur di kota Yogyakarta. Loyalitas konsumen memberikan pengaruh yang lebih besar daripada kepuasan konsumen terhadap perilaku word of mouth konsumen obat herbal An Nuur di kota Yogyakarta.
Kata kunci: Kepuasan, loyalitas, word of mouth, An Nuur
Penulis: Rahmania Hidayati, Sampurno, Djoko Wahyono
Kode Jurnal: jpfarmasidd120362

Artikel Terkait :