ANALISA POLA PERESEPAN BERDASARKAN PERESEPAN ELEKTRONIK DI PUSKESMAS GUNUNG KIDUL


ABSTRAK: Puskesmas merupakan ujung tombak pemerintah dalam memberikan upaya pelayanan kesehatan di masyarakat. Dalam menyelenggarakan upaya tersebut perlu ditunjang dengan sistem informasi untuk mempermudah penanganan berbagai macam kegiatan operasional di puskesmas. Pemantauan hasil sistem informasi manajemen terutama pada peresepan elektronik perlu dikaji, dilihat dari pencegahan terjadinya medication error, duplikasi terapi obat, dan gambaran interaksi obat.
Penelitian dibatasi dengan mengumpulkan data peresepan elektronik dari 10 indikasi penyakit dengan prevalensi tertinggi selama tahun 2011 dengan jumlah sampel 1200 resep. Jenis penelitian ini adalah non eksperimental yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode retrospektif. Data diambil secara random sampling. Penggunaan sistem informasi terutama pada peresepan elektronik secara umum dapat mencegah terjadinya medication error.
Duplikasi terapi pada peresepan terjadi pada 16 resep. Interaksi obat terjadi pada 48 resep. Evaluasi hasil peresepan secara keseluruhan melihat adanya kecenderungan dalam penggunaan obat golongan kortikosteroid.
Kata kunci: sistem informasi manajemen, peresepan elektronik, puskesmas Gunung Kidul
Penulis: Zakiyah Oktafiani, Lutfan Lazuardi, Hari Kusnanto
Kode Jurnal: jpfarmasidd120374

Artikel Terkait :