HUBUNGAN STATUS GIZI (PERTAMBAHAN BERAT BADAN IBU SELAMA KEHAMILAN DAN UKURAN LINGKAR LENGAN ATAS) DENGAN BERAT BADAN BAYI LAHIR DI KECAMATAN INDRALAYA UTARA


ABSTRAK: Di Indonesia, Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) merupakan salah satu faktor utama yang berpengaruh terhadap kematian perinatal dan neonatal. Pada tahun 2007 di Provinsi Sumatera Selatan terdapat 5,2 % kasus BBLR. Puskesmas Simpang Timbangan pada tahun 2010 (Januari - Juni) ditemukan 1 kasus BBLR dari 30 kelahiran, sedangkan di Puskesmas Payakabung pada tahun 2009 ditemukan 28 kasus BBLR dari 225 kelahiran hidup. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prevalensi BBLR, karakteristik ibu, karakteristik sosial ekonomi, dan untuk mengetahui hubungan pertambahan berat badan ibu selama kehamilan dengan berat bayi lahir.
Metode: Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil yang bertempat tinggal di Kecamatan Indralaya Utara yang memeriksakan kehamilannya di wilayah kerja Puskesmas Simpang Timbangan dan Payakabung dengan jumlah sampel 32 orang. teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling karena dengan jumlah kasus sedikit. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner dan melalui pengukuran penimbangan berat badan dan pengukuran lingkar lengan atas. Analisis yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariat dengan uji Kai Kuadrat.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 21,9% responden melahirkan bayi dengan kondisi Berat Bayi Lahir Kurang (BBLK). Dari 2 variabel independen yang diteliti, ada 1 variabel yang secara statistik berhubungan secara bermakna dengan berat bayi lahir, yaitu variabel: pertambahan berat badan ibu hamil (p-value:0,005). 1 variabel yang secara statistik Tidak terdapat hubungan antara ukuran lingkar lengan atas dengan berat bayi lahir (p-value:0,536).
Kesimpulan : Disarankan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Ilir untuk mengaktifkan posyandu, poskesdes, dalam memberikan promosi kesehatan kepada masyarakat akan pentingnya pemeriksaan awal kehamilan dan rutin memeriksakan kehamilannya per trimester.
Kata Kunci: Pertambahan Berat Badan Ibu Selama Kehamilan, Ukuran Lingkar Lengan Atas, Berat Bayi lahir
Penulis: Desi Halimah Lubis, Rini Mutahar, Nur Alam Fajar
Kode Jurnal: jpkesmasdd130607

Artikel Terkait :