PENGARUH SENAM TAI CHI TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI


Abstract: Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang terjadi di negara maju maupun negara berkembang. Hipertensi yang dialami oleh lansia di Panti Werdha semakin meningkat karena selama ini penanganan hipertensi hanya diberikan terapi farmakologi saja. Salah satu terapi non farmakologi adalah senam Tai Chi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh senam Tai Chi terhadap Penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi di Panti Werdha Mojopahit Mojokerto.
Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy experiment Pre Test-Post Test control group Design. Populasi seluruh lansia yang mengalami hipertensi di Panti Werdha Mojopahit Mojokerto sebanyak 20 orang, besar sampel pada penelitian ini berjumlah 20 responden dan dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol, dengan teknik total sampling. Data yang terkumpul melalui observasi dianalisa deskriptif untuk mengetahui perbedaan perubahan rerata tekanan darah dan di uji statistik Wilcoxon dengan tingkat kemaknaan α = 0,05.
Hasil analisis didapatkan rerata tekanan darah sistolik pre-post pada kelompok eksperimen sebesar 11 mmHg dan rerata tekanan darah diastolik pre-post kelompok eksperimen sebesar 9 mmHg. Dari uji statistik diperoleh hasil ada pengaruh senam Tai Chi terhadap penurunan tekanan darah dengan nilai signifikasi tekanan darah sistolik pre-post pada kelompok eksperimen sebesar 0,007 dan tekanan darah diastolik pre-post pada kelompok eksperimen sebesar 0,014.
Dari hasil penelitian di atas membuktikan bahwa senam Tai Chi dapat menurunkan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi, maka petugas panti perlu memberikan intervensi senam Tai Chi sebanyak 3 kali dalam seminggu sebagai pendamping terapi farmakologi dalam mengatasi hipertensi pada lansia
Kata Kunci: Senam Tai Chi, Hipertensi
Penulis: Anik Supriani
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150628

Artikel Terkait :