PELATIHAN PERSONAL HYGIENE TERHADAP KEMAMPUAN KELUARGA DALAM PERAWATAN DIRI PADA ANAK CEREBRAL PALSY


Abstrak: Gangguan kronik gerak dan postur tubuhpada anak dengan Cerebral Palsy (CP) akan menyebabkan penurunan fungsi dan ketidakmampuan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Keluarga dalam hal ini adalah orang tua merupakan caregiver yang paling efektif dalam melakukan perawatan diri pada anak. Pemberdayaan kelurga difokuskan pada pelatihan perawatan diri diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat untuk membantu keluarga dalam meningkatkan kualitas hidup anak CP.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan Personal Hyigenedengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan simulasi dengan audiovisual: video terhadap Kemampuan Keluarga dalam perawatan diri pada anak CP. Metode: Penelitian ini termasuk dalam jenis quasi exsperiment, dengan jumlah sampel pada kelompok yang mendapatkan pelatihan sejumlah 32 orang dan kelompok yang tidak mendapatkan pelatihan sejumlah 30 orang. Penelitian dilakukan pada bulan Maret-Juli 2016. Pengukuran dilakukan sebanyak tiga kali yaitu pretest, post test 1, post test 2, post test 3. Nilai pengetahuan dan kemampuan keluarga sebelum dan sesudah pelatihan antarakedua kelompok diujikan dengan uji Mann-whitney dengan taraf signifikansi p<0,05.
Hasil: Peningkatan nilai rerata pengetahuan dan kemampuan keluarga dalam perawatan pada kelompok perlakuan lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol, tetapi tidak terdapat pengaruh yang signifikan.Taraf signifikansi pengetahuan p = 0,85 dan kemampuan Keluarga p=0,083. Simpulan: Peningkatan nilai rerata pengetahuan dan kemampuan keluarga pada kelompok perlakuan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol tidak signifikan.
Kata Kunci: Personal Hyigene,CP, keterampilan keluarga
Penulis: Siti Fatmawati
Kode Jurnal: jpkeperawatandd170117

Artikel Terkait :