METODE AKRONIM UNTUK MENGINGAT DUA BELAS NERVUS CRANIALIS


Abstract: Ingatan akan terus disimpan dan makin lama tentunya semakin banyak sehingga banyak hal yang ditumpuk membuat ingatan yang pertama disimpan sulit diingat kembali. Maka kita harus dapat mengenali dimanakah kelemahan kita dalam mengingat. Untuk itu maka kita perlu mengetahui factor apa yang mempengaruhi pada proses mengingat itu, baik ketika informasi itu datang, maupun ketika informasi itu disimpan. Salah satu tehnik meningat yaitu dengan tehnik Akronim. Terdapat beberapa mahasiswa yang mengalami kesulitan mengingat dua belas nervus cranialis, itu dikarenakan oleh beberapa hal antara lain yaitu karena menggunakan bahasa asing dan harus diingat secara berurutan. Berdasarkan pertimbangan di atas tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui apakah tehnik akronim dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengingat dua belas nervus cranialis.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan pemberian lembar kuesioner. Analisis data dilakukan dengan melihat perubahan yang terjadi setelah dilakukan penerapan metode akronim.
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa metode akronim dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengingat dua belas nervus cranialis
Kata Kunci: Metode Akronim, Mahasiswa
Penulis: Yufi Aris Lestari
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150631

Artikel Terkait :