HUBUNGAN PERAWATAN INFUS DENGAN TERJADINYA FLEBITIS PADA PASIEN YANG TERPASANG INFUS


Abstract: Mempertahankan suatu infus intravena yang sedang terpasang merupakan tugas perawat yang menuntut pengetahuan serta keterampilan tentang pemasangan dan perawatan infus, prinsip-prinsip aliran, selain itu pasien harus dikaji dengan teliti baik komplikasi lokal maupun sistemik. Jika flebitis terjadi maka masukan terapi cairan intravena akan tersumbat dan tidak dapat terpenuhi, untuk itu selama pemberian terapi cairan intravena pasien harus mendapat pengawasan dan observasi yang ketat. Tujuan penelitian ini adalah mengobservasi hubungan perawatan infus dengan terjadinya flebitis pada pasien yang terpasang infus di Puskesmas krian Sidoarjo.
Desain yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analitik korelasional yaitu mengkaji hubungan antar variabel. Populasinya seluruh pasien di puskesmas krian Sidoarjo selama bulan Mei-Juni. Sampel yang digunakan seluruh Pasien Yang Terpasang Infus Selama Bulan Mei-Juni di Puskesmas Krian Sidoarjo. Yang berjumlah 20 responden, dengan metode Aksidental Sampling, variabelnya adalah perawatan infus dan terjadinya flebitis. Data yang terkumpul melalui lembar observasi dianalisa dengan teknik korelasi uji kolerasi spearman’s rho. Dengan alpha 0,05.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dari 20 responden 12 (60%) di lakukan sebagaian besar perawatan infus, 2 (10%) dilakukan semua perawatan infus, 2 (10%) tidak di lakukan perawatan infus. Sedangkan 20 responden sebanyak 14 (70%) tidak terjadi flebitis, 6 (30%) terjadi flebitis. Dari hasil uji Spearman's rho diperoleh nilai Sig. (2-tailed) atau p value 0,000 (karena p value < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Yang artinya ada hubungan perawatan infus dengan terjadinya flebitis pada pasien yang terpasang infus di Puskesmas krian Sidoarjo.
Melihat dari hasil penelitian ini maka perawatan infus lebih di lakukan menurut SOP, untuk mencegah atau meminimalkan terjadinya flebitis
Kata Kunci: Perawatan infus, flebitis
Penulis: Sutomo Ns
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150632

Artikel Terkait :