HUBUNGAN LAMA MENJALANI HEMODIALISA DENGAN KEJADIAN HIPOTENSI INTRA HEMODIALISA PADA PASIEN GGK DI RS ISLAM KLATEN


Abstract: Latar Belakang pasien yang lama menjalani hemodialisa akan beresiko terjadi kerusakan sel endotel pada pembulu darah secara sistemik, kerusakan tersebut dapat menjadikan sel mengalami appoptosis sehingga hal tersebut dapat menjadi faktor munculnya komplikasi hipotensi intra hemodialisa .
Tujuan untuk mengetahui hubungan lama menjalani hemodialisa dengan kejadian hipotensi intra hemodialisa pada pasien GGK yang menjalani terapi hemodialisa di RS Islam Klaten.
Metode Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi menggunakan pendekatan Cross Sectional. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Purposive Sampling, dengan cara mengambil sampel yang dipilih dari populasi yang ada di RS Islam Klaten sesuai dengan kriteria inklusi yang berjumlah 85 responden. Penelitian ini terdiri dari observasi lama menjalani hemodialisa, serta pengukuran tekanan darah. Uji analisis statistik yang digunakan yaitu uji Chi Square.
Hasil Penelitian dengan analisis menggunakan Chi Square diperoleh nilai Pvalue (0,000) < α (0,05), dengan pasien yang mengalami hipotensi sebesar (68,2%). Hasil tersebut menunjukkan secara signifikan lama menjalani hemodialisa dapat meningkatkan kejadian hipotensi intra hemodialisa.
Kesimpulan Ada hubungan yang bermakna antara semakin lama menjalani terapi hemodialisa dengan semakin tinggi kejadian hipotensi intra hemodialisa.
Kata Kunci: Hemodialisa, Lama Hemodialisa, Hipotensi intra Hemodialisa, Gagal Ginjal Kronik(GGK)
Penulis: Fitriana Noor Khayati, Daryani
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160324

Artikel Terkait :