GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN IBU PRIMIGRAVIDA TRIMESTER III DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI BPS Ny. Roidah, SST,M.Kes DESA DLANGGU MOJOKERTO


Abstract: Rasa cemas pada banyak ibu hamil primigravida merupakan akibat dari rekaman getaran kehidupan mereka sejak dalam kandungan.Kecemasan dan stres yang berlebihan pada ibu hamil primigravida trimester III sangat berbahaya.Keadaan itu bisa berakibat bayi lahir prematur,kesulitan belajar,anak menjadi hiperaktif, atau bahkan mengalami autisme. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 24 Pebruari 2009 di BPS Ny. Roidah, SST, M.Kes Desa Dlanggu Mojokerto dengan teknik wawancara, didapatkan bahwa ibu mengalami ketegangan, nafas pendek ,perasaan ancaman meningkat hingga tidak dapat berpikir logis.
Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah ibu hamil primigravida trimester III yang berjumlah 20 responden yang diambil dengan teknik accidental sampling dan instrumen  penelitian ini adalah kuesioner.Analisis data dilakukan dengan tahap-tahap sebagai berikut yaitu Editing, Coding, Skoring, Tabulating.
Dan berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan ibu hamil primigravida trimester III dalam menghadapi persalinan di BPS Ny. Roidah, SST, M.Kes Desa Dlanggu Mojokerto sebagian besar 13 orang (65%) mengalami kecemasan sedang.
Berdasarkan hasil penelitian diatas didapatkan kesimpulan bahwa sebagian besar ibu hamil primigravida trimester III mengalami kecemasan sedang, yaitu sebanyak 13 orang (65%). Jadi diharapkan ibu hamil primigravida trimester III mencari informasi tentang tanda-tanda persalinan
Kata Kunci: Ibu hamil primigravida trimester III, kecemasan, persalinan
Penulis: Nanik Nur Rosyidah
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150639

Artikel Terkait :