FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IBU MENYUSUI DALAM MEMBERIKAN MAKANAN PENDAMPING ASI TERLALU DINI PADA USIA KURANG DARI 6 BULAN DI KELURAHAN GIRITIRTO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2016


Abstract: Makanan pendamping ASI (MP-ASI) adalah makanan tambahan selain air susu ibu (ASI) yang diberikan kepada bayi bersama dengan ASI dan diberikan setelah bayi menginjak usia 6 bulan keatas
Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui factor –faktor yang mempengaruhi ibu menyusui dalam memberikan makanan pendamping ASI terlalu dini pada bayi yang usianya kurang dari enam bulan.
Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif i dengan cross secsional. Tekhnik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel yang diambil yaitu seluruh kejadian ibu menyusui dengan usia bayi kurangdari 6 bulan di kelurahan Giritirto Kabupaten Wonogiri sebanyak 29 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan merubah dari data kuantitatif menjadi prosentase. Uji validitas dan reliabilitas yang digunakan adalah uji validitas dengan system SPSS. Analisa data yang digunakan adalah data univariat yaitu untuk mendeskripsikan variabel penelitian guna memperoleh gambaran, dengan hasil penelitian ditampilkan dalam bentuk distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan rendah  yang sebagian besar sebagai Ibu rumah tangga (51,70%), tidak bekerja atau hanya sebagai ibu rumah tangga dengan prosentase 51,70% atau 15 responden mendapat informasi dari media elektronik dengan prosentase 51,70% atau 15 responden. Sedangkan ibu yang mendapat informasi dari media lain sebanyak 48,3% atau 14 responden mayoritas memiliki jumlah pendapatan sedang yakni sejumlah 55,17% atau 16 responden. mayoritas memiliki tingkat pengetahuan tentang MP-ASI  kurang baik yaitu sebanyak 41,50% atau 12 responden. diharapkan tenaga kesehatan lebih meningkatkan penyuluhan terutama di posyandu-posyandu Kelurahan Giritirto, serta konseling tentang ASI Eksklusif dan cara pemberian makanan pada bayi sesuai dengan umur.
Kata kunci: factor-faktor yang mempengaruhi, MP-ASI
Penulis: Rina Harwati, Wahyuningsih
Kode Jurnal: jpkeperawatandd170026

Artikel Terkait :