Status Gizi Baik Meningkatkan Kelincahan pada Anak

ABSTRAK: Pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh status gizi. Perkembangan anak mencakup banyak area seperti personal sosial, motorik halus, bahasa dan motorik kasar, motorik kasar anak usia sekolah mencakup kelincahan. Anak sekolah di SD Negeri Kemijen 04 Semarang memiliki latar belakang status gizi yang serta memiliki kelincahan yang berbeda-beda pula. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara status gizi dengan kelincahan anak di SD Negeri Kemijen 04 Semarang.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian yaitu siswa kelas 3, 4 dan 5 SD Kemijen 04 Semarang yang berjumlah 420 anak dengan sampel 58 anak menggunakan simple random sampling dan uji hipotesis menggunakan analisis korelasi Pearson.
Hasil: Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan nilai r = 0,329, yang artinya nilai korelasi lebih besar daripada r tabel yakni 0,254(0,329 > 0,254). Sedangkan nilai p = 0,012 (< 0,05).
Kesimpulan: Ada hubungan yang bermakna antara status gizi dengan kelincahan anak di SD Negeri Kemijen 04 Semarang. Gizi yang baik mempengaruhi kelincahan anak.
Kata kunci: status gizi, kelincahan, anak
Penulis: Merry Tyas Anggraini, Lilia Dewiyanti, Nur Anita Setyaningrum
Kode Jurnal: jpkedokterandd130511

Artikel Terkait :