EVALUASI KEBIJAKAN JAMINAN PERSALINAN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2012

ABSTRAK: Kementrian kesehatan melakukan terobosan baru melalui Jaminan Persalinan (Jampersal) sebagai salah satu solusi untuk menurunkan AKI dan AKB. Kebijakan ini diperuntukkan untuk seluruh ibu hamil dan ibu nifas di Indonesia. Pelayanan Jaminan Persalinan terdiri pemeriksaan kehamilan, pelayanan nifas termasuk KB pasca persalinan, dan pelayanan bayi baru lahir. Jampersal juga diterapkan di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai salah satu program dalam meningkatkan derajat kesehatan ibu dan Anak. Dalam pelaksanan jampersal di daerah Istimewa Yogyakarta masih memiliki beberapa hambatan dalam implementasinya, sehingga perlunya dilakukan evaluasi terhadap kebijakan jaminan persalinan.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebijakan jaminan persalinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Metod  Penelitian: Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan studi kasus. Penelitian dilakukan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan studi kasus 5 kabupaten/kotamadya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu pengambilan sampel stratifikasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah dinas kesehatan kabupaten/ kota,rumah sakit umum daerah, Puskesmas dan Praktik Bidan swastayang menangani jampersal. Pengumpulan data dilakukandengan wawancara mendalam.
Hasil Penelitian: Dalam evaluasi kebijakan jaminan persalinan di DIY masih terdapat berbagai hambatan (masalah) dari segi input, proses dan output. Dari segi input berkaitan dengan sumber daya manusia, dana, sarana dan kebijakan. Dari segi proses meliputi sosialisasi, persyaratan pasien, proses klaim, sistem rujukan dan pembiayaan. Dari segi ouput penumpukan dan penolakan pasien, dan masih adanya pengaduan konsumen.
Kesimpulan : Program jaminan persalinan merupakan program yang baik dan mendukung penurunan angka kematian bayi dan ibu, akan tetapi masih perlu beberapa perbaikan. Perbaikandibutuhkan dalam hal penguatan koordinasi pada lintas sektor, optimalisasi sosialisasi program, penguatan sistem rujukan berbasis elektronik, penguatan komitmen dan motivasi petugas serta perbaikan sarana prasaran kesehatan.
Kata Kunci: Jaminan Persalinan, Evaluasi Kebijakan
Penulis: Ummul Khair
Kode Jurnal: jpkedokterandd130502

Artikel Terkait :