UJI APLIKASI LAPANG VAKSIN BIVALEN HYDROFORTIVAC DAN VAKSIN MONOVALEN (HYDROVAC DAN MYCOFORTYVAC) PADA BENIH IKAN GURAMI (Osphronemus goramy)

ABSTRAK: Pencegahan penyakit Motile Aeromonas Septicemia (MAS) dan Mycobacteriosis pada ikan gurami (Osphronemus goramy) melalui pencegahan menggunakan vaksin monovalen maupun vaksin bivalen telah berhasil dilakukan. Setiap jenis vaksin memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi yang terbaik dari kedua jenis vaksin tersebut (bivalen dan monovalen) pada ikan gurami di kolam budidaya. Penelitian dilakukan menggunakan tiga jenis vaksin yaitu bivalen HydrofortiVac, monovalen HydroVac, dan monovalen MycofortyVac, serta kontrol (tanpa vaksin). Uji lapang dilakukan di kolam budidaya di Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Ikan gurami yang digunakan adalah benih gurami hibrid dengan bobot 4,33 ± 1,76 g; padat tebar benih adalah 40 ekor/m2; dan masa pemeliharaan sekitar enam bulan. Hasil uji lapang menunjukkan rata-rata sintasan ikan gurami yang divaksin dengan vaksin bivalen HydrofortiVac adalah 52,3%; vaksin monovalen HydroVac sebesar 32,5%; dan monovalen MycofortyVac sebesar 28,5%; sedangkan kontrol tanpa vaksinasi adalah 25,8%. Vaksin bivalen dapat meningkatkan sintasan ikan 19,8%-26,5% lebih tinggi dibanding dengan kelompok ikan yang divaksin menggunakan vaksin monovalen maupun tanpa divaksinasi.
KATA KUNCI: Motile Aeromonas Septicemia; Mycobacteriosis; vaksin bivalen HydrofortyVac; Osphronemus goramy; aplikasi lapang
Penulis: Desy Sugiani
Kode Jurnal: jpperikanandd160417

Artikel Terkait :