Populasi dan Kondisi Lingkungan Rafflesia arnoldii di Rhino-Camp Resort Sukaraja Atas Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)

ABSTRAK: Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan habitat bagi flora langka rafflesia (Rafflesia arnoldii) yang merupakan jenis tumbuhan parasit pada jenis liana tetrastigma(Tetrastigma sp.). Salah satunya di Rhino Camp yang berjarak cukup dekat dari Jalan LintasBarat Sanggi-Bengkunat. Hal tersebut diduga memicu kemungkinan terjadinya gangguan yang cukup tinggi sehingga dapat mempengaruhi perubahan kondisi lingkungan dan populasi spesies ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi populasi dan kondisi lingkungan rafflesia di Rhino Camp Resort Sukaraja Atas TNBBS. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2016 menggunakan metode survey.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 49 individu rafflesia dalam kondisi 67% hidup dan 33% mati. Karakteristik lingkungan abiotik habitatnya memiliki suhu pada kisaran 25-290C, kerapatan tajuk sedang 32-68%, kelembaban 90%, tanah tergolong asam (pH= 5,5),kelerengan termasuk agak curam (30-45%), ketinggian tempat pada kisaran 490-558 mdpl, dan berjarak ±7 m dari sumber air terdekat. Sedangkan karakteristik lingkungan biotiknya terusun atas Tetrastigma lanceolarium (inang rafflesia), dan satwa yang diduga sebagai penyerbuk yaitu Diptera: Lucilia sp., Sarcopaga sp., Dorsophila spp dan Caliphora vomitoria, Hymenoptera: semut hitam (Lasius fuliginosus), dan Coleoptera: Staphilinidae sp. Presentase hidup rafflesia di Rhino Camp cukup tinggi, hal ini mengindakisan bahwa kondisi lingkungan di Rhino Camp TNBBS saat ini masih mampu menjamin kelestarian rafflesia.
Kata Kunci: lingkungan, populasi, Rafflesia arnoldii, TNBBS
Penulis: Delima Nur Ramadhani, Agus Setiawan dan Jani Master
Kode Jurnal: jpkehutanandd170232

Artikel Terkait :