PENILAIAN JASA WISATA KEBUN BINATANG BUMI KEDATON RESORT DI BANDAR LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN METODE BIAYA PERJALANAN

ABSTRAK: Obyek wisata Bumi Kedaton Resort (BKR) merupakan salah satu tempat wisata yang dapat dijumpai di Provinsi Lampung yang mulai dibuka untuk umum pada Tahun 2009sehingga belum diketahui keragaman sikap pengunjung yang diperlukan untuk strategi manajemen dari BKR untuk dapat menarik pengunjung karena persaingan dalam dunia wisatasemakin ketat maka tempat wisata harus memberikan kepuasan kepada pengunjung sehingga pengunjung berkeinginan untuk datang kembali. Oleh karenanya perlu dilakukan penelitian guna mengetahui nilai ekonomi jasa wisata BKR dan karakteristik pengunjung. Nilai ekonomi jasa wisata dapat diketahui menggunakan metode biaya perjalanan.
Penelitian dilaksanakan pada Bulan Desember 2014-Februari 2015 dengan melakukanwawancara dan membagikan kuisioner secara langsung kepada responden sebanyak 99 orang. Pengambilan sampel responden dilakukan dengan metode insidental sampling yaitu responden yang kebetulan ada di lokasi penelitian dengan teknik pengambilan sampel secara non random sampling karena tidak semua individu dalam populasi memperoleh peluang yangsama untuk dijadikan sampel. Pengambilan sampel dilakukan mulai pukul 09:00-16:00 WIB setiap hari dan saat libur sekolah, natal, tahun baru dan imlek. Hasil penentuan biaya perjalanan pengunjung kemudian diuji dengan metode regresi linear berganda menggunakan software Minitab 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya perjalanan rata-rata pengunjung sebesar Rp.109.176,26/ kali kunjungan untuk semua zonasi yang diteliti. Berdasarkan perhitungan data penelitian diperoleh nilai ekonomi jasa wisata BKR sebesar Rp.24.559.199,69/tahun. Karakteristik pengunjung yang memberikan pengaruh nyata terhadap nilai ekonomi jasa wisata BKR yaitu tingkat pendidikan Perguruan Tinggi, hari kunjungan minggu libur sekolah,natal, tahun baru, imlek, pendapatan, dan jarak dengan P Value < 0,1. Pengaruh variable dependen secara simultan (R-Sq) adalah 96,6% dan R-Sq(adj) adalah 95,4%.
Kata Kunci: Biaya perjalanan, demografi, jasa wisata , nilai ekonomi
Penulis: Ade Prenada, Samsul Bakri, Susni Herwanti
Kode Jurnal: jpkehutanandd170233

Artikel Terkait :