RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK TEKNIK DIGITAL
Abstract: Tulisan ini
bertujuan untuk menjelaskan proses: (1) mengembangkan game edukasi pada mata
kuliah praktik teknik digital, dan (2) meguji kelayakan dari game edukasi pada
mata kuliah praktik teknik digital.. Model pengembangan yang digunakan di dalam
penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari (a) Analisis, (b) Desain, (c)
Development, (d) Implementasi, dan (e) Evaluasi. Hasil proses ini adalah : (1)
Pengembangan game “Master of Digital”
dengan model ADDIE menghasilkan game edukasi yang terdiri dari halaman
utama, level game, skor tertinggi, dan pengaturan. (2) Berdasarkan penilaian
oleh ahli materi didapatkan rerata skor 73 dari rerata skor maksimal 84 dengan
kategori “sangat layak”. Berdasarkan
penilaian oleh ahli media didapatkan rerata skor 84 dari rerata skor maksimal
104 dengan kategori “layak”. Berdasarkan penilaian oleh mahasiswa didapatkan
rerata skor 54,61 dari rerata skor maksimal 80 dengan kategori “layak”.
Penulis: Ariadie Chandra
Kode Jurnal: jptlisetrodd170218