PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

Abstrak: Semakin berkembangnya teknologi maka semakin berkembang pula sarana dan prasarana pembelajaran, oleh karena itu proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dalam membantu perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan media animasi dan berbasis web pada mata pelajaran dasar elektronika. Lebih lanjut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon siswa terhadap media pembelajaran. yang dapat digunakan secara online didalam website.
Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian Four D (4D), pada penelitian yang dilakukan hanya menggunakan 3 metode saja yaitu define (penetapan), design (perancangan), develop (pengembangan). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis web dan animasi yang diujicobakan pada siswa kelas X TEI di SMKN 3 Jombang pada mata pelajaran dasar elektronika bab dioda. Penilaian tentang media menggunakan validasi dari validator yang merupakan para ahli dalam bidang masing-masing dan menggunakan angket respon yang diisi oleh siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web dinyatakan valid dengan persentase 83% sehingga media dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil respon siswa yang diambil dari angket respon siswa menunjukkan persentase 82% dengan kriteria valid dan menunjukkan tanggapan positif, sehingga media dapat digunakan dalam proses pembelajaran dalam pelajaran dasar elektronika.
Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, web, animasi
Penulis: Fariza Rohdiani
Kode Jurnal: jptlisetrodd170158

Artikel Terkait :