PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERINTAH SUARA SEBAGAI PENGENDALI PERALATAN ELEKTRONIKA BERBASIS ARDUINO UNO PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN KELAS X TAV DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran yang valid berupa perintah suara sebagai pengendali peralatan elektronika berbasis arduino UNO pada mata pelajaran Teknik Pemrograman kelas X TAV di SMK Negeri 3 Surabaya dan (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran perintah suara sebagai pengendali peralatan elektronika berbasis arduino UNO pada mata pelajaran Teknik Pemrograman kelas X TAV di SMK Negeri 3.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Pada penelitian pengembangan ini terdiri atas 7 tahapan yaitu: (1) perumusan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba terbatas dan (7) analisis dan pelaporan.  Instrumen yang digunakan yaitu lembar validitas media dan lembar angket respon siswa.
Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan kategori sangat valid dari segi validitas media, yaitu dengan rata-rata hasil rating media sebesar 88,96% dan rata-rata hasil rating Experiment sheet sebesar 91,15%. Sementara untuk respon peserta didik menunjukkan kategori sangat baik, yaitu dengan rata-rata hasil ratingsebesar 90,3%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dan mendapat respon positif dari peserta didik.
Kata Kunci: Media, Arduino UNO, Valid, Respon
Penulis: FERI WIJATMIKO, Edy Sulistiyo
Kode Jurnal: jptlisetrodd170147

Artikel Terkait :