PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CAL (COMPUTER ASSISTED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMKN 2 LAMONGAN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis CAL (Computer Assisted Learning) yang valid dan; (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis CAL (Computer Assisted Learning).
Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 2 Lamongan kelas X TEI 2 yang berjumlah 36 siswa. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan 7 dari tahapan yang dijelaskan oleh Sugiyono (2014:298), yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validitas media, lembar validitas angket dan lembar angket respon siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran berbasis CAL (Computer Assisted Learning) mendapatkan validasi rata-rata total hasil rating sebesar 84,8% dan termasuk dalam kategori “sangat valid”; (2) media pembelajaran berbasis CAL (Computer Assisted Learning) direspon sangat baik oleh siswa dengan rata-rata total hasil rating sebesar 86,8%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dan mendapat respon positif dari peserta didik.
Kata Kunci: Media, CAL, Computer Assisted Learning, Valid, Respon
Penulis: KARINA CATURIASTITIN
Kode Jurnal: jptlisetrodd170192

Artikel Terkait :