PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA KOMPETENSI MENGENAL KOMPONEN PNEUMATIK DI SMKN 2 WONOGIRI

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun, unjuk kerja, dan mendapat respon dari ahli materi, ahli media serta siswa media pembelajaran berbasis augmented reality pada kompetensi mengenal komponen pneumatik di SMKN 2 Wonogiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan konsep ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality terdiri dari aplikasi AR Pneumatik dan marker, (2) hasil unjuk kerja dari media pembelajaran ini berjalan dengan baik dan sudah dapat menampilkan hasil proses augmented reality, (3) hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapat rerata skor 85 dengan persentase kelayakan 82,5% sehingga masuk pada kategori layak, penilaian ahli materi mendapat rerata skor 84,67% sehingga masuk pada kategori layak, dan hasil penilaian siswa sebagai pengguna memperoleh rerata skor 111,29 dengan persentase kelayakan 82,5% sehingga masuk kategori layak untuk digunakan pada pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Pneumatik, SMK
Penulis: Nanang Kurniawan
Kode Jurnal: jptlisetrodd170250

Artikel Terkait :