PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO STREAMING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah untuk faktor yang menyebabkan kurangnya minat belajar, pemahaman, dan peningkatan hasil belajar siswa. Dilihat dari kaidah pembelajaran, meningkatkan keinginan, minat, dan hasil belajar siswa sangat ditunjang oleh penggunaan media pembelajaran. Melalui media potensi indra siswa dapat diakomodasi sehingga keinginan, minat, dan hasil belajar siswa akan meningkat. Salah satu aspek media yang diunggulkan mampu meningkatkan keinginan minat dan hasil  belajar siswa adalah bersifat multimedia, yaitu gabungan dari berbagai unsur media seperti teks, gambar, animasi, video (Rusman, 2011). Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video streaming  dan tidak menggunakan media pembelajaran berbasis video streaming pada mata pelajaran teknik kerja bengkel kelas X teknik audio video di SMK Negeri 7 Surabaya.
Penelitian ini menggunakanan metode Riset and Development (R & D). Rancangan penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk Pretest-Posttest-Only Control Design. Penentuan sampel menggunakan stratified random sampling dan penentuan kelas          X TAV 1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung dilengkapi media pembelajaran berbasis video streaming dan siswa kelas X TAV 2 sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung tanpa dilengkapi media pembelajaran berbasis video streaming. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t pada taraf signifikansi (α) 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas media pembelajaran berbasis video streaming sebesar 86,75% pada kategori Sangat Valid, (2) hasil uji-t sampel independent menggunakan SPSS sebesar 19,727 dengan taraf signifikan α 0,05 dan ttabel 1,99 atau terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dilengkapi media pembelajaran berbasis video streaming dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung tanpa dilengkapi mediapembelajaran berbasis video streaming, dan (3) respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran langsung (MPL) dilengkapi media pembelajaran berbasis video streaming 88,6% atau pada kategori sangat baik. maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pada kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung dengan dilengkapi media pembelajaran berbasis video streaming dan hasil belajar pada kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung tanpa dilengkapi media pembelajaran berbasis video streaming.
Kata Kunci: Video Streaming, MPL, Perbedaan dan Hasil belajar
Penulis: ANAS MAULANA, Joko
Kode Jurnal: jptlisetrodd170098

Artikel Terkait :