PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA KULIAH TEKNIK LASER DAN FIBER OPTIK DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNESA

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning pada mata kuliah Teknik Laser dan Fiber Optik di Jurusan Teknik Elektro UNESA untuk membantu memberikan solusi alternatif penyajian materi pada kegiatan belajar mengajar pada mahasiswa. Dengan demikian diharapkan penyampaian materi Teknik Laser dan Fiber Optik dalam proses pembelajaran lebih maksimal dan semakin mudah dipahami mahasiswa. Materi yang disajikan adalah Teknik Laser dan Fiber Optik yangterdiri dari pendahuluan dan perkembangan sistem komunikasi, serat optik, sumber optik, dan detector optik. Tujuan penelitian ini, untuk menghasilkan suatu media pembelajaran e-learning Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian dan pengemmbangan dengan model Research and Development (R&D). Tahapan yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi produk, (6) Uji coba produk, (7) Analisis dan pelaporan.
Adapunpenilaian yang diberikan pada hasil validasimedia pembelajaran e-learning dinyatakan layak.Dengan presentase hasil validasi segi media hasil rating rata-rata 80,1%, hasil validasi segi materi hasil rating rata-rata 79,8%, dan hasil validasi segi bahasa hasil rating rata-rata 81,79%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen dalam menyampaikan materi pada Teknik Laser dan Fiber Optik di Jurusan Teknik Elektro UNESA.
Kata Kunci: Media pembelajaran e-learning, Research and Development (R&D)
Penulis: Muhammad Ashif Iskandar Dzulkarnain
Kode Jurnal: jptlisetrodd160481

Artikel Terkait :