PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR KELISTRIKAN KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

Abstract: Penelitian yang telah dilaksanakan di kelas X SMK Muhammadiyah 1 Gresik bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan mendiskripsikan respon siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar kelistrikan kelas X SMK Muhammadiyah 1 Gresik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pra experimental pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar kelistrikan kelas X SMK Muhammadiyah 1 Gresik. Dari hasil analisis diketahui seluruh populasi terdistribusi normal dan homogen. Pada penelitian ini seluruh kelas X SMK Muhammadiyah 1 Gresik digunakan sebagai sampel penelitian. Kegiatan belajar mengajar disampaikan dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Siswa dituntut aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil pengamatan pengelolaan kelas yang dilakukan peneliti dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terlaksana dengan baik dengan nilai rata-rata 3,23. Penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar sisswa dengan rata-rata pretest sebesar 38,68 dan rata-rata postest sebesar 65,00. Sedangkan di kelas replikasi X-4 rata-rata pretest sebesar 29,34 dan posttest sebesar 53,42. Respon siswa terhadap pembelajran dengan stategi inkuiri terbimbing adalah baik dengan presentase setuju sebanyak 86%.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran, inkuiri terbimbing, hasil belajar
Penulis: AHMAD . TAUFIQ, Puput Wanarti Rusimamto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160482

Artikel Terkait :