PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI KELAS X TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match jika dibandingkan  dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa, (2) Untuk mengetahui respon siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran aktif dengan strategi Index Card Match dan respon siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah jenis True Experimental Design. Sampel penelitian ini adalah siswa SMKN 2 Lamongan jurusan Teknik Elektronika Industri kelas X TEI 1 sebagai kelas kontrol dan X TEI 2 sebagai kelas eksperimen. Kemudian untuk menganalisa data digunakan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari hasil perhitung SPSS diperoleh nilai signifikansi 0,000 lebih kecil daripada taraf nyata sebesar 5% sehingga dapat disimpulkan jika penerimaan kesimpulan jatuh pada penerimaan H1 artinya model pembelajaran aktif dengan strategi index card match berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik listrik di kelas X teknik elektronika industri SMKN 2 Lamongan. Dan hasil uji independent sample t test tersebut sangat signifikan, (2) Dari hasil angket respon siswa yang dibagikan kepada dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol, dihasilkan skor penilaian angket respon sebesar 87% untuk kelas eksperimen yang artinya sangat baik dan 74% untuk kelas kontrol yang artinya baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa respon kelas eksperimen lebih baik daripada respon kelas kontrol.
Kata Kunci: strategi index card match, hasil belajar, respon siswa
Penulis: DELLA HANINRACHMA
Kode Jurnal: jptlisetrodd170196

Artikel Terkait :