PEMBUATAN TRAINER MIKROKONTROLLER BERBASIS ATMEGA16 UNTUK APLIKASI PALANG PINTU KERETA API OTOMATIS PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN SISTEM MIKROKONTROLLER DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa trainer dan jobsheet palang pintu kereta api otomatis yang valid. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja siswa dalam menggunakan media pembelajaran trainer.
Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang telah dibatasi menjadi 7 tahap saja yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) analisa dan pelaporan. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kevalidan media yang dihasilkan dan hasil penilaian kinerja praktikum siswa untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan media trainer dan jobsheet.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam media trainer dinyatakan sangat valid dengan rerata hasil rating sebesar 96,9%, dan rerata hasil rating validasi terhadap jobsheet sebesar 92,3% dinyatakan sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa trainer dan jobsheet palang pintu kereta api otomatis yang dihasilkan sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran. Kinerja siswa pada keseluruhan aspek yang terhapat dalam trainer dan jobsheet mendapat hasil dengan rerata tes kinerja siswa sebesar 89,5% yang dikategorikan sangat baik dan dinyatakan tuntas karena melebihi KKM ≥75. Hal ini menunjukkan bahwa trainer dan jobsheet baik digunakan untuk mencapai ketuntasan belajar siswa pada kegiatan praktikum.
Kata Kunci: trainer, jobsheet, palang pintu, mikrokontroller, kinerja siswa
Penulis: Achmad Ali Asfahani, Puput Wanarti Rusimamto
Kode Jurnal: jptlisetrodd170094

Artikel Terkait :