EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN RANGKAIAN DIGITAL DASAR MENGGUNAKAN NI MULTISIM

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar ranah kognitif; (2) perbedaan hasil belajar ranah psikomotorik; (3) keefektifan pembelajaran Scientific Learning ranah kognitif yang menggunakan media NI Multisim dengan yang tidak menggunakan media NI Multisim. Desain penelitian ini yaitu Quasi Experiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Terdapat 29 peserta didik kelas X LA sebagai kelas eksperimen, sedangkan 30 peserta didik kelas X LB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian adalah: (1) tidak terdapat perbedaan pada ranah kognitif, hasil uji-t diperoleh t hitung 1,211 dan nilai signifikansi (p) > 0,05; (2) terdapat perbedaan pada ranah psikomotorik, hasil uji-t diperoleh t hitung 2,805 dan nilai signifikansi (p) < 0,05; (3) pembelajaran Scientific Learning menggunakan media NI Multisim lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif. Rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol yaitu 0,53 termasuk dalam kategori sedang. Rata- rata nilai N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,78 termasuk dalam kategori tinggi.
Kata kunci:  kompetensi, hasil belajar, NI Multisim, Scientific Learning, teknik digital
Penulis: Akhmad Otie Iskandar, Samsul Hadi
Kode Jurnal: jptlisetrodd170245

Artikel Terkait :