ANALISIS VECTOR GROUP PADA HUBUNGAN PARALEL TRANSFORMATOR UNIT GARDU BERGERAK

Abstract: Operasi  paralel  transformator  distribusi  dilakukan  untuk  meningkatkan  kapasitas  daya penyaluran tenaga listrik atau meminimalisir pemadaman pada sistem penyaluran tenaga listrik. Namun pada prakteknya, tidak semua transformator dapat dihubungkan paralel. Ada beberapafaktor  yang  perlu  diperhatikan  sebelum  melakukan  operasi  paralel  transformator.  Selain tegangan dan frekuensi harus sama, vector group transformator juga harus sesuai. Vector group merupakan polaritas pada transformator tiga fasa yang dipengaruhi oleh konfigurasi hubungan belitan  dalam  transformator.  Perbedaan  vector  grup  seringkali  menjadi  kendala  ketika transformator  unit  gardu  bergerak  (UGB)  akan  diparalel  dengan  transformator  pada  gardu distribusi. Operator lapangan biasanya segera memutuskan bahwa transformator tidak mungkin diparalel dan kemudian melakukan penjadwalan ulang. Hal ini tentunya membuang waktu dan biaya.
Pada  penelitian  ini  akan  dilakukan  evaluasi  kemungkinan  operasi  paralel  dua transformator yang memiliki vector group berbeda.  Cara sederhana untuk menganalisis vector group yaitu dengan menggambar diagram fasor yang mengacu pada hasil pengukuran tegangan sekunder  kedua  transformator.  Mula-mula  dilakukan  pengujian  dengan  menghubungkan  salah satu terminal primer dengan salah satu terminal sekunder untuk mengetahui jenis vector group pada transformator. Kemudian memberikan tegangan  tiga fasa pada sisi primer dan mengukur tegangan  antara  terminal  primer  dan  sekunder.  Selanjutnya  menggambarkan  diagram  fasor dengan panjang garis yang merepresentasikan hasil pengukuran tegangan.
Penelitian  membuktikan  bahwa  operasi  paralel  transformator  dengan  vector  group berbeda dapat dilakukan dengan menyesuaikan urutan fasa sehingga tegangan sekunder kedua transformator  menjadi  sefasa.  Hasil  penelitian  disarikan  dalam  tabel  yang  menunjukkan pasangan  vector  grup  yang  berbeda  yang  memungkinkan  untuk  diparalel.  Hasil  penelitian  ini akan  memudahkan  operator  lapangan  dalam  melakukan  paralel  transformator  UGB  dengan transformator gardu distribusi sehingga dapat dihindarkan suatu penjadwalan ulang yang tidak perlu.
Kata kunci: Paralel transformator, Vector group, Diagram Fasor
Penulis: Budi Yanto Husodo, Firmansyah
Kode Jurnal: jptlisetrodd160766

Artikel Terkait :