ANALISA PERFORMANSI RECEIVED TOTAL WIDEBAND POWER (RTWP) TERHADAP KUALITAS PERFORMANSI JARINGAN PADA JARINGAN WCDMA IBC TELKOMSEL

Abstract: Pada aplikasi jaringan inbuilding coverage gangguan interferensi menjadi faktor utama penurunan kinerja jaringan. Pada jurnal ini telah dilakukan analisa pengaruh performansi RTWP terhadap kualitas performansi jaringan atau Key Performance Indicator (KPI). Analisa dilakukan dengan mengamati performansi nilai RTWP menggunakan Huawei Local Maintenance Terminal iManager U2000 dan didapati high RTWP sehingga menyebabkan nilai Key Performance Indikator (KPI) menurun.
Pada penelitian ini analisa yang dilakukan adalah mencari penyebab high RTWP dengan melakukan pengecekan dari sisi BTS sampai ke sisi Distributed Antenna System (DAS) dan penggantian perangkat triplexer juga perbaikan konektor pada sisi Distributed Antenna System (DAS).
Setelah dilakukan penggantian perangkat triplexer dan perbaikan konektor pada sisi Distributed Antenna System (DAS) nilai RTWP mengalami perbaikan. Dari hasil analisa pada penelitian ini setelah diketahui nilai RTWP mengalami perbaikan maka nilai parameter KPI juga mengalami perbaikan. Nilai KPI Accessibility mengalami perbaikan yang awalnya hanya 92,5% menjadi 99%. Nilai KPI Retainibility mengalami perbaikan yang awalnya hanya 96% menjadi 99,6%. Nilai KPI Mobility mengalami perbaikan yang awalnya hanya 81% menjadi 97,5%. Sehingga kinerja jaringan juga mengalami perbaikan.
Kata Kunci:  Interferensi Uplink, RTWP, W-CDMA, NodeB, KPI
Penulis: Ardiansyah, Dian Widi Astuti
Kode Jurnal: jptlisetrodd160751

Artikel Terkait :