Pengembangan Game Edukatif G30S/PKI Berbasis Android
Abstract: Gaya hidup
masyarakat zaman sekarang tak pernah lepas dari kemajuan teknologi. Masyarakat
menengah keatas, baik dari anak-anak hingga orang dewasa, hampir tidak ada yang
tidak meggunakan perangkat mobile seperti handphone atau tablet. Namun
sayangnya masyarakat zaman sekarang cenderung apatis dengan kondisi sekitarnya,
bahkan tidak mengenal sejarah negaranya. Penelitian ini dilakukan untuk
mendekatkan kembali anak-anak dengan sejarah terutama peristiwa G30S/PKI
melalui game perangkat seluler berbasis Android. Penelitian ini dilakukan
dengan menerapkan tahap pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle)
mulai dari tahap penentuan konsep sampai dengan sidtribusi. Sebagai sumber yang
relevan, cerita sejarah diambil langsung dari Monumen Pancasila Sakti di Lubang
Buaya, Jakarta Timur, sebagai salah satu tempat bersejarah yang erat kaitannya
dengan peristiwa G30S/PKI. Hasil dari penelitian ini berupa suatu aplikasi
permainan yang menceritakan peristiwa sejarah G30S/PKI yang dikemas menjadi
aplikasi perangkat seluler dengan sistem operasi Android. Penelitian ini
diharapkan mampu menarik minat anak-anak khususnya usia 9 sampai dengan 12
tahun untuk mempelajari dan mencintai sejarah Indonesia.
Penulis: Annisa Hedlina
Hendraputri, Rinta Kridalukmana, Oky Dwi Nurhayati
Kode Jurnal: jptkomputerdd140374