PENGEMBANGAN ELECTRONIC MODULE (E-MODULE) PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL PADA MATERI BLENDER UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KLATEN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module pembelajaran Simulasi Digital pada materi Blender untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Klaten, dan mengetahui kelayakan e-module. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian dan pengembangan serta mengacu pada model pengembangan ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 36 siswa dari kelas X MM 1 SMK Negeri 1 Klaten. Penelitian ini melibatkan 2 ahli materi dan 2 ahli media untuk pengujian kelayakan e-module pembelajaran. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa: (1) e-module pembelajaran Simulasi Digital pada materi Blender telah dikembangkan sebagai bahan ajar yang mendukung kegiatan belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Klaten, (2) e-module telah memenuhi uji kelayakan sebagai bahan ajar yang mendukung kegiatan belajar siswa dengan rata-rata skor 3,07 yang termasuk kategori sangat baik oleh ahli materi, dan rata-rata skor 3,54 yang termasuk kategori sangat baik oleh ahli media, serta respon siswa terhadap e-module memperoleh hasil sangat baik dengan rata-rata skor 3,52, sehingga e-module tersebut layak digunakan dalam kegiatan belajar siswa.
Kata Kunci: Pengembangan, Kelayakan, E-Module, Blender, Simulasi Digital
Penulis: Wafa Wijayanti Afdila
Kode Jurnal: jptinformatikadd160444

Artikel Terkait :