UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN LOMPAT TALI DI PAUD MESJID AGUNG MEDAN T.A. 2014-2015

Abstract: Latar belakang penelitian ini di awali oleh hasil data pengamatan studi awal yang menunjukkan kondisi motorik kasar anak di di PAUD Mesjid Agung sangat kurang hal ini terbukti belum mampu melompat dengan satu kaki, melompat dengan kedua kaki secara bersama-sama, melompat dengan ketinggian 10-40 cm, menjaga keseimbangan badan, melompat dengan berbagai variasi.
Berdasarkan masalah yang ada maka tujuan peneliti ini adalah meningkatkan motorik kasar anak melalui bermain lompat tali. Peneliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang di rancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek ini adalah anak kelompok B di PAUD Mesjid Agung Medan yang berjumlah 22 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 14 anak laki-laki.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan stratistik deskriptif. Dari hasil analisis data aktivitas motorik kasar anak pada siklus 1 di peroleh data 51% . Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas belum berhasil.
Pada siklus 2 mencapai 69%. Berdasarkan analisis data pada siklus 2 maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini di nyatakan berhasil. Selain itu dapat di simpulkan bahwa bermain lompat tali dapat meningkatkan motorik kasar anak kelompok B di PAUD Mesjid Agung Medan.
Kata kunci: motorik kasar, bermain lompat tali
Penulis: Hernawati Masdiana Habeahan
Kode Jurnal: jppaudsddd151461

Artikel Terkait :