Analisis Tingkat Kesadaran Manajemen dan Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Cobit 4.1 (Studi Kasus Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat)

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang tingkat kesadaran manajemen dan tingkat kematangan tata kelola teknologi informasi pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui   tingkat kepedulian manajemen  dan  kondisi kematangan pengelolaan TI pada domain PO (perencanaan dan pengorganisasian) yaitu proses PO4, PO7dan  domain  DS (pelayanan  dan   dukungan TI) pada proses DS5.
Penelitian ini menggunakan metode survey  untuk mendapatkan data dari tempat tertentu dengan melakukan  pengumpulan data melalui  kuisioner, wawancara dan observasi secara langsung. Metode tersebut berpatokan pada framework COBIT 4.1 dengan mendeskripsikan tujuan pengendalian  dan model kematangan yang disediakan oleh COBIT 4.1 ke dalam bentuk kuisioner kesadaran  manajemen  dan  kuisioner tingkat kematangan.
 Hasil Penelitian menemukan bahwa tingkat  kepedulian  pihak pimpinan terhadap penerapan tujuan pengendalian pada proses PO4 (pendefinisian proses TI, organisasi dan hubungan TI), PO7 (pengelolaan SDM TI) dan DS5 (memastikan keamanan sistem TI) relatif tinggi. Adapun  tingkat kematangan untuk ketiga proses tersebut adalah berada pada level 2 repeatable but intuitive dimana ketiga proses TI tersebut telah dilakukan tetapi belum memiliki prosedur tetap dan hanya dilakukan secara informal dan  berdasarkan inisiatif peorangan. Untuk mencapai tingkat kematangan yang diharapkan, perlu dilakukan upaya  perbaikan. Rekomendasi perbaikan untuk mencapai tingkat kematangan yang lebih tinggi adalah dengan mengusulkan tindakan perbaikan yang dikelompokkan  berdasarkan 6 atribut kematangan pada model kematangan Cobit 4.1.
Kata Kunci: COBIT 4.1, Tata Kelola Teknologi Informasi, Tingkat Kesadaran Manajemen, Tingkat Kematangan
Penulis: Yuliartati,  Syahril, Krismadinata
Kode Jurnal: spkomunikasi170002

Artikel Terkait :