KEANEKARAGAMAN SERANGGA PERMUKAAN TANAH DI ARBORETUM SUMBER BRANTAS BATU-MALANG SEBAGAI DASAR PEMBUATAN SUMBER BELAJAR FLIPCHART

ABSTRAK: Hutan merupakan sumber daya alam yang sangat potensial dalam mendukung keanaekaragaman flora dan fauna. Salah satu sumber daya yang ada di hutan adalah serangga permukaan tanah. Kehadiran serangga permukaan tanah dibutuhkan untuk membantu proses dekomposisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis serangga apa saja yang ada di arboretum sumber brantas yang secaramorfologi dapat diketahui klasifikasi ilmiahnya berdasarkan identifikasi sampai tingkat spesies serta mengetahui nilai keanekaragaman, kelimpahan dan juga indeks nilai penting serangga permukaan tanah pada tiga stasiun.
Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data observasi lapang. Pengambilan serangga permukaan tanah dilakukan dengan menggunakan jebakan pitfall trap yang dilaksanakan di Arboretum Sumber Brantas Batu-Malang.
Hasil penelitian menunjukkan serangga permukaan tanah yang ditemukan di lokasi penelitian terdapat 8 spesies 4 ordo, indeks keanekaragaman pada Arboretum Sumber Brantas Batu-Malang tergolong sedangdengan nilai keragaman 1,6597, nilai kelimpahan tertinggi pada stasiun I yaitu sebesar 10.00 pada jenisspesies Diplocheila polita dan Indeks nilai penting tertinggi pada stasiun III yaitu dari Periplanetaamericana dengan nilai 0,89 %. Hasil identifikasi dirangkai sebagai sumber belajar biologi berupa Flipchart.
Kata kunci: Flipchart, Pitfalltrap, Serangga permukaan tanah
Penulis: Ovy Dwi Rachmasari, Wahyu Prihanta, Roro Eko Susetyarini
Kode Jurnal: jpbiologidd160522

Artikel Terkait :