HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN INTENSI BERPERILAKU AGRESIF PADA SISWA SMA KATOLIK W.R. SOEPRATMAN SAMARINDA
Abstrak: Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui hubungan konformitas teman sebaya dan intensitas
bermain game online dengan intensi berperilaku agresif pada siswa SMA Katolik
W.R. Soepratman Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif.
Subjek dalam penelitian sebanyak 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan
tiga skala yaitu skala intensi berperilaku agresif, skala konformitas teman
sebaya, dan skala intensitas bermain game online dengan model skala likert.
Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi model bertahap dan model
penuh dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS)
20.0 for Windows.
Hasil analisis pertama menunjukkan tidak ada hubungan antara konformitas
teman sebaya dengan intensi berperilaku agresif, nilai yang diperoleh adalah
Thitung < Ttabel (Thitung = -0,262) dengan p> 0.05 (p = 0,794). Hasil
analisis kedua menunjukkan ada hubungan antara intensitas bermain game online
dengan intensi berperilaku agresif, nilai yang diperoleh adalah Thitung >
Ttabel (Thitung = 3,187) dengan p< 0.05 (p = 0,002). Hasil analisis ketiga
menunjukkan ada hubungan antara konformitas teman sebaya dan intensitas bermain
game online dengan intensi berperilaku agresif, nilai yang diperoleh adalah
Fhitung > Ftabel (Fhitung = 5,492) dengan Adjusted R Square = 0,132 dan
p< 0.05 (p = 0,007).
Penulis: Herlen Kartini
Kode Jurnal: jppsikologikepribadiandd160018