STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA DIKLAT MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PELANGGAN SISWA X AP SMK NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran pada mata diklat Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan pada Siswa X AP SMK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014.
Desain penelitian ini adalah penelitian analitis kualitati. Penelitian ini tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi lebih pada menggambarkan keadaan apa adanya tentang obyek yang diteliti untuk kemudian ditemukan pola-pola tertentu kejadian dan diintrepretasikan. Kemampuan peneliti dalam menangkap pola-pola tersebut merupakan mekanisme instrument dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif, yaitu proses analisis menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru pengampu mata diklat Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan SMK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo telah menerapkan strategi dalam kegiatan pembelajarannya, namun belum optimal karena guru tersebut tidak melakukan pengembangan strategi dan upaya yang sistematis serta terprogram untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, (2) hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi pembelajaran yaitu: a) guru pengampu mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan belum mengetahui dan mengenal variasi metode dalam kegiatan pembelajaran, b) kesiapan peserta didik dalam menerima pembelajaran berbeda antara satu dengan lainnya, c) kurangnya kesadaran peserta didik mengenai pemahaman materi yang diajarkan, (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penerapan strategi pembelajaran yaitu: a) guru pengampu harus disiplin waktu dan datang tepat waktu di setiap jam pelajaran, b) peserta didik berinisiatif untuk mempelajari materi pelajaran secara mandiri tidak hanya menggantungkan (njagakke) materi dari guru.
Kata kunc: strategi, pembelajaran, strategi pembelajaran
Penulis: Sari Lestari
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd141484

Artikel Terkait :