IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN 2 SMK NEGERI 2 PURWOREJO

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Role Playing dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada Standar Kompetensi Mengelola Sistem Kearsipan Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 2 Purworejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 2 Purworejo berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan wawancara tentang implementasi metode pembelajaran Role Playing. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 2 Purworejo yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase hasil observasi skor Motivasi Belajar Siswa sebesar 11,25% dari siklus I sebesar 70,97% meningkat menjadi 82,22% pada siklus II. Selain itu berdasarkan hasil analisis data angket dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar Siswa sebesar 9,04% dari skor siklus I sebesar 72,38% ke siklus II sebesar 81,42%. Jika dilihat secara klasikal, motivasi belajar siswa yang dikategorikan sedang dan tinggi juga meningkat dari 72,38% meningkat menjadi 81,42%. Hasil wawancara dengan guru dan siswa terkait implementasi metode pembelajaran Role Playing juga mendapat respon yang positif.
Kata kunci: Metode Pembelajaran Role Playing, Motivasi Belajar
Penulis: Arum Suryaningtyas
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd141540

Artikel Terkait :