HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MENGETIK MANUAL KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI I TEMPEL

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dan minat belajar dengan prestasi belajar Kompetensi Dasar Mengetik Manual Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2011-2012. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga, minat belajar, dan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Tempel yang berjumlah 71 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,779 serta besarnya bobot SE 28,6% dan SR 36,4%. 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,846 serta besarnya bobot SE 49,9% dan SR 63,6%. 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,886 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,785. Hal ini berarti 78,5% prestasi belajar dapat dijelaskan oleh lingkungan keluarga dan minat belajar sedangkan 21,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Untuk itu perlu adanya penelitian yang lebih lanjut tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.
Kata kunci: lingkungan keluarga, minat belajar, prestasi belajar
Penulis: Achmad Farruq
Kode Jurnal: jpadministrasinegaradd131094

Artikel Terkait :